Cara Instal Ulang Android Dengan Mudah dan Praktis

 Android  tetap merupakan keluarga dari komputer. Seperti halnya pc kecuali dipakai bertahun-tahun, maka performa dan kinerjanya dapat menurun. Hal ini tak jauh tidak sama bersama Android yang merupakan salah satu ‘komputer’. Tidak menutup bisa saja performa Android makin lambat tiap tahun. Hal inilah yang mengakibatkan sebagian orang untuk melacak informasi perihal cara instal kembali Android peranan menginstal kembali Androidnya.


Menginstal kembali Android mampu menjadi disebabkan oleh sebagian hal. Misalnya, inginkan mendapatkan penampilan dan tema baru, menaikkan kinerja Android, dan tetap banyak lagi. Proses instal kembali Android umumnya membutuhkan sebagian tool tertertu yang wajib didownload lebih-lebih dahulu. Contohnya aplikasi recovery layaknya TWRP, dan ClockworkMod.


Berikut adalah cara instal kembali smartphone Android Anda bersama ringan layaknya yang dirangkum dari web LifeHacker dan forum android masyhur Xda-developers.


Tutorial Cara Instal Ulang Android Bagi Pemula

Sebelum mengawali instal kembali atau flash ROM Android Anda, dibutuhkan sebagian aplikasi penting. Anda wajib punyai Unlocker Bootloader, Custom Recovery (TWRP, ClockworkMod, atau xRecovery), Gapps, Stock ROM yang cocok bersama HP Android Anda, dan HP Android pastinya.


Android Sedang Menginstal Ulang Sistem


1. Download Stock ROM

Sebelum mengawali segalanya, Anda wajib punyai Stock ROM atau Custom ROM yang inginkan Anda instal. Pastikan type HP dan versi ROM cocok supaya tidak berjalan kesalahan didalam sistem instal ulang. Jangan ekstrak ROM tersebut.


2. Dowload GApps

Setelah mendownload ROM, downloadlah GApps yang cocok bersama versi ROM, misalkan versi ROM Anda 4.4.2, maka Anda wajib mendownload GApps bersama versi yang sama.


3. Masuk ke Custom Recovery

Cara Masuk Recovery Mode Android

Untuk masuk ke didalam custom recovery, Anda wajib menekan hotkey tertentu. Hotkey berikut berbeda-beda pada tiap HP. Tunggu sampai terlihat penampilan menu dari custom recovery.


4. Backup Data Terlebih Dahulu

Sebelum mengawali menginstal kembali Android Anda, ada baiknya kecuali berjaga-jaga untuk suatu perihal terburuk kala melaksanakan instal ulang. Cara instal kembali Android yang sedikit tidak sama mengakibatkan salah cara sedikit saja mampu berakibat fatal contohnya hard brick. Untuk itulah ada baiknya sebelum menginstal ROM, Anda membackup seluruh data pada Android menggunakan custom recovery yang senantiasa menyediakan menu tersebut.


5. Instal ROM

Langkah yang paling esensial didalam cara instal kembali Android. Menginstal ROM. Kemudian pilihlah menu instal from sd-card. Selanjutnya, cari file Stock ROM yang baru saja Anda download tadi. Kemudian melaksanakan flash.


6. Bersihkan Cache

Setelah instalasi ROM selesai, cara selanjutnya adalah kembali dan mengosongkan cache. Proses ini termasuk sering dikenal bersama arti ‘wipe data / reset’


7. Reboot HP

Setelah sistem penginstalan ROM dan pembersihan cache selesai, Anda mampu merestart HP Anda untuk menyaksikan apakah Android Anda telah terinstal ulang. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Instal Ulang Android Dengan Mudah dan Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel